Pasca pandemi, marketplace menjadi strategi pemasaran termudah dan termurah bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) selain mendirikan toko secara fisik. Marketplace adalah platform online yang memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli. Untuk dapat bersaing di marketplace ini tentunya para pengusaha khususnya UMKM memerlukan pemahaman literasi digital. Tujuan utama pengabdian masyarakat ini ialah mampu mengedukasi para pengusaha UMKM khususnya yang bergerak di bidang kuliner di Kabupaten Luwu agar semakin paham tentang literasi digital dan mampu memiliki kemampuan interpersonal skills yang baik. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini ialah FGD, ceramah, dan diskusi dengan para pihak terkait dan peserta pelatihan. Data yang digunakan untuk pelatihan ini berupa pola-pola percakapan antara penjual dan pembeli yang umum ditemukan dalam marketplace Tokopedia. Hasil data dalam percakapan tersebut menunjukkan penjual dan pembeli saling bekerjasama ketika berkomunikasi jika prinsip kerjasamanya berjalan dengan lancar maka transaksi akan terlaksana namun jika tidak maka transaksi pada umumnya tidak berlanjut. Dengan menggunakan data ini mengajarkan bagaimana komunikasi yang seharusnya dilakukan ketika melakukan percakapan pada aplikasi Tokopedia untuk meningkatkan penjualan. Dampak signifikan setelah pelatihan ini ialah para pengusaha UMKM Kuliner ini mendapatkan pengetahuan baru untuk meningkatkan penjualan produknya dengan cara membuat toko online di Tokopedia dan diharapkan UMKM kuliner di Kabupaten Luwu akan semakin dikenal secara luas terkait keramahannya karena didukung oleh pemahaman literasi digital dan interpersonal skills yang baik.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024