Journal Of Digital Communication Science
Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Digital Communication Science

Hubungan Pencarian Informasi Pada Akun Instagram @Placetogobandung Dengan Minat Berkunjung Followers Aktif Ke Destinasi Kuliner Di Bandung: Indonesia

Fadli Muhammad Ramadhani (Universitas Padjadjaran)
Asep Suryana (Universitas Padjadjaran)
Jimi Narotama Mahameruaji (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mencari tahu seberapa kuat hubungan antara pencarian informasi yang dilakukan oleh followers aktif akun Instagram @placetogobandung dengan minat berkunjung ke destinasi kuliner di Bandung. Teori yang digunakan sebagai landasan dalam riset ini adalah Information Search Process (ISP) yang dicetuskan oleh Carrol C. Kuhlthau dengan enam (6) tahapan pencarian informasi, yaitu: tahap inisiasi, seleksi, eksplorasi, formulasi, koleksi, serta presentasi, dan kaitannya dengan penggunaan informasi yang didapat dalam munculnya minat untuk berkunjung. Metode riset yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis deskriptif dan analisis korelasional. Sampel penelitian adalah followers aktif akun Instagram @placetogobandung yang berjumlah 138 orang, dengan sampel didapatkan melalui Simple Random Sampling. Pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner, observasi, serta studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan adanya kaitan yang signifikan antara pencarian informasi yang dilakukan oleh followers aktif akun Instagram @placetogobandung dengan minat berkunjung ke destinasi kuliner di Bandung. Terdapat hubungan yang kuat dari sub variabel tahap seleksi, eksplorasi, koleksi, dan presentasi dalam pencarian informasi, serta hubungan yang cukup kuat dari sub variabel tahap inisiasi dan tahap formulasi dengan minat berkunjung ke destinasi kuliner di Bandung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdcs

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Digital Communication Science opens for manuscript that had focus on the following issues: Management Communication Digital Public Relations Mass Media Marketing and Business Communication Cultural Communication Online Media Political Communication Organizational ...