cover
Contact Name
Andre Suryaningprang
Contact Email
inabajournals@inaba.ac.id
Phone
+62895405780777
Journal Mail Official
inabajournals@inaba.ac.id
Editorial Address
Jl. Soekarno Hatta No. 448, Batununggal, Kec. Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40266, Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal Of Digital Communication Science
ISSN : 29636019     EISSN : 29643333     DOI : https://doi.org/10.56956/jdcs.v1i2.217
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Digital Communication Science opens for manuscript that had focus on the following issues: Management Communication Digital Public Relations Mass Media Marketing and Business Communication Cultural Communication Online Media Political Communication Organizational Communication
Articles 30 Documents
STRATEGI BISNIS LOW-COST LEADERSHIP MEDIA TEMPO INTI MEDIA HARIAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 Damayanti, Adinda Afifah; Hidayat, Dadang Rahmat; Sirait, Rinda Aunillah
Journal of Digital Communication Science Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v1i1.180

Abstract

Perusahaan media perlu melakukan berbagai adaptasi dan penyesuaian untukmempertahankan eksistensi bisnisnya selama masa pandemi Covid-19. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui strategi bisnis low-cost leadership media Tempo IntiMedia Harian saat Pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 mengakibatkan adanyaperubahan strategi bisnis low-cost leadership media tersebut. Adapun penelitian inimenggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengambilan datamelalui proses wawancara mendalam. Konsep teori yang dipakai dalam penelitian iniadalah konsep low-cost leadership atau keunggulan biaya rendah pada teori strategibersaing generik milik Michael Porter yang digunakan untuk mengetahui posisiperusahaan di tengah persaingan industri. Strategi keunggulan biaya menyeluruhyang diterapkan oleh Tempo Inti Media Harian ialah dengan menggunakanpengendalian biaya yang ketat dalam berbagai sektor seperti adanya pengelolaantenaga kerja serta penyesuaian harga jual produk. Berdasarkan penelitian ini, tempoInti Media Harian berhasil bangkit serta mempertahankan eksistensi bisnis nyamelalui strategi low-cost leadership tersebut.
FANATISME MAHASISWA UNIVERSITAS INABA TERHADAP K-POP: Indonesia Safitri, Deviana; Hanifa, Syifa
Journal of Digital Communication Science Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v1i1.181

Abstract

dan dampak negatif bagi penggemar K-Pop. Dampak positif dari K-Pop yaituterhindar dari kenakalan remaja karena mereka akan terfokus pada penggemarnya,memotivasi untuk belajar bahasa asing.. Adapun dampak negatif dari K-Pop yaitubanyak remaja yang melupakan kebudayaannya sendiri. Penelitian ini merupakanpenelitian membahas Fanatisme mahasiswa Universitas Indonesia Membangunterhadap K-Pop. Yang dimana pada saat itu masyarakat Indonesia sangat menyukaiK- Pop, bahkan sampai fanatisme dalam mengidolakan fansnya. PendekatanKualitatif, metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif yang dimanapada metode penelitian kualitatif ini cocok untuk penelitian Fanatisme MahasiswaUniversitas Indonesia Membangun terhadap K-Pop,penelitian ini meneliti ilmu sosialdengan bentuk analisis dan kesimpulan yang bergantung kepada ketajaman analisispenelitian. Hasil penelitian berdasarkan responde dari mahasiswa UniversitasInaba bahwa media sosial seperti twitter, Instagram, facebook dan lain sebagainyayang membuat mereka tahu dan juga lebih memahami lebih luas mengenai K-Popdengan adanya media sosial. Saran yang dapat disampaikan perilaku fanatismepenggemar K-Pop perlu diimbangi dengan rasa nasionalisme yang tinggi, Indonesiaharus lebih memajukan industri hiburan agar tidak tergeser dengan industri hiburanluar.
IDENTITAS VIRTUAL HISQIE FURQONI DALAM YOUTUBE “GAK PENTING SIH CHANNEL” Adi, Achwan Noorlistyo; Reza, Faizal; Ilham, Yanuar; Sugiarta, Nugraha; Lestari, Anggita
Journal of Digital Communication Science Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v1i1.182

Abstract

YouTuber diartikan sebagai seseorang atau sekelompok orang yang membuatakun di media YouTube yang kemudian menjadikan akun mereka sebagaisaluran YouTube dengan kategori konten yang beragam seperti komedi,musik, dan lain sebagainya. Dalam menciptakan konten menarik, YouTuberselalu berupaya menghadirkan identitas diri di media YouTube denganberbagai cara. Identitas diri ini kemudian dikenal sebagai identitas virtual.Salah satu yang membuat identitas virtual di YouTube adalah Hisqie Furqonipemilik Gak Penting Sih Channel. Penelitian ini menggunakan metodekualitatif dengan strategi fenomenologi dengan melakukan depth interviewkepada informan. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 6 identitas virtualpseudonymity yang dibuat oleh Hisqie Furqoni dalam channel YouTubenya,yaitu Higot, Hipu, Hial, Hitri, Hilap, dan Hipir. Self image Hisqie sebagaiYouTuber random dan absurd, sedangkan Self Esteem yang terbentuk adalahrasa bangga dan merasa harga dirinya naik.
PENCITRAAN DAN IDENTITAS POLITIK BAGI MASYARAKAT Lubis, Ira Aryanti Rasyi; Rabbani, Ridwan Fauzi
Journal of Digital Communication Science Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v1i1.183

Abstract

Tulisan ini dilatar belakangi oleh maraknya pencitraan dan identitas politik yang dilakukanoleh para politikus untuk memenangkan suara rakyat. Oleh karena itu, untuk mendapatkangambaran yang komprehensif tentang permasalahan tersebut, maka, metode yangdigunakan adalah literature review atau tinjauan pustaka. Penelitian kepustakaan ataukajian literatur (literature review, literature research) merupakan penelitian yang mengkajiatau meninjau secara kritis pengetahuan, gagasan, atau temuan yang terdapat di dalamtubuh literatur berorientasi akademik (academic-oriented literature), serta merumuskankontribusi teoritis dan metodologisnya untuk topik tertentu. Dalam mengatasi isu pencitraandan identitas politik, diperlukan upaya untuk membangun pemahaman yang lebih baiktentang isu-isu politik dan menciptakan ruang untuk dialog antara kelompok-kelompok yangberbeda identitas politiknya Dengan demikian, akan didapat pembuktian bahwa pentingbagi para politisi dan partai politik untuk membangun citra diri yang kredibel dan terpercayadi mata masyarakat, dengan tetap memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhiidentitas politik dan pencitraan di Indonesia.
SISTEM PERNIKAHAN SUKU BUGIS DAN SUKU MINANG “TRADISI UANG PANAI” Veranita, Sindi; Dwirakhmawatia, Shafira Aurenevia
Journal of Digital Communication Science Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v1i1.184

Abstract

Banyaknya suku di Indonesia menjadikan banyak pula kebudayaan yang diterapkan dalammasyarakatnya, terutama dalam hal pernikahan. Salah satu adat istiadat yang jarang diketahuiorang di jaman sekarang adalah tradisi uang panai dan uang japuik. Tradisi uang Panai sendirimerupakan tradisi dalam sistem pernikahan Suku Bugis Makassar, dimana pihak laki-lakiharus memberikan mahar berupa uang, emas, harta benda, sesuai dengan strata sosial daripihak perempuan. Sedangkan uang panai itu sendiri lebih ke dalam hal yang bersangkut pautuntuk membiayai segala kebutuhan bagi pihak wanita sedangkan uang mahar lebih kepemberian calon pengantin pria yang nantinya bersifat mutlak menjadi hak milik seorangwanita ketika sudah sah. Sedangkan dalam Suku Minang khususnya Padang Pariaman uangPanai dikenal dengan sebutan uang Japuik. Uang Japuik ini kebalikan dari uang Panai dimanapihak perempuan yang harus memberikan mahar kepada pihak laki-laki sebagai simbolmahar. Kedua adat ini tentunya menjadi kontroversi tersendiri, dimana masih banyakbermunculan statment negatif tentang kedua budaya ini yaitu: “jual membeli”. Penelitian iniakan membahas tentang sistem pernikahan suku Bugis dan suku Minang dalam tradisi uangmaharnya. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, studi pustaka, wawancara,dan dokumentasi.
Strategi marketing public relations dinas kepemudaan olahraga pariwisata dan kebudayaan kabupaten purwakarta Supriyatna, Asep; susie perbawasari; renata anisa
Journal of Digital Communication Science Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v1i2.204

Abstract

Pariwisata merupakan leading sector bagi Kabupaten Purwakarta, namun jumlah kunjungan wisatawan ke Purwakarta mengalami fluktuatif yang berdampak pada pariwisata Purwakarta. Berbagai upaya dilakukan untuk dapat mendorong, menarik dan membentuk citra positif pariwisata bagi wisatawan, namun belum mampu menstimulasi jumlah kunjungan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing public relations Disporaparbud Kabupaten Purwakarta dalam menstimulasi jumlah kunjungan wisatawan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan jenis data kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Disporaparbud Kabupaten Purwakarta melakukan Push strategy melalui aktivitas yang di antaranya: pelatihan dan pembinaan, pameran dagang, penyediaan aplikasi digital, dan dukungan aspek perizinan. Pull strategy dilakukan melalui aktivitas yaitu: festival, pameran dagang, demonstrasi produk, media sosial, media cetak, media luar ruang, publikasi, penggunaan aplikasi digital, product placement, dan iklan. Pass strategy dilakukan melalui aktivitas pemberdayaan masyarakat, sponsorship, pemberian bantuan dan penggunaan influencer. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu: dapat dilakukan pelatihan secara berkala, promosi kegiatan dan sosialisasi penggunaan aplikasi kepada pengelola wisata dan wisatawan, dapat melakukan promosi dengan memanfaatkan berbagai media untuk menarik wisatawan, menentukan target spesifik pada media yang digunakan, memperbanyak publikasi, sosialisasi media digital (aplikasi, marketplace, website), bekerja sama dengan influencer lain untuk menarik wisatawan lebih luas, dan mengoptimalkan penggunaan berbagai media. Selain itu, diharapkan dapat mengoptimalkan potensi desa-desa lainnya, melakukan branding pada produk ekonomi kreatif, berpartisipasi dalam kegiatan nasional maupun internasional dan melakukan kegiatan sosial yang tidak hanya terbatas pada momentum Pandemi Covid-19.
Analisis Semiotik Atas Poster Brand Indomie “Flavor Of Love” Amalia Raharjo, Chiquitita; M, Sri Mega; Latsmira, Lila; Octa, Yasmine; Irawaty, Adissa; Fauziyah, Syifa; Manuputty, Audrey; Fathia Iqbal, Najla; Hafiar, Hanny
Journal of Digital Communication Science Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v1i2.205

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui simbol-simbol yang terdapat pada poster iklan Indomie “The Flavor of Love” dan mengetahui makna yang terdapat dibalik simbol tersebut. Iklan tidak hanya menyampaikan informasi yang berkaitan dengan produk yang bersangkutan, tetapi iklan juga berperan untuk mendorong dan membujuk konsumen agar ingin membeli produk. Pada produk terbaru Indomie yaitu varian Special Chicken dengan tajuk “The Flavor of Love”, Indomie memperkenalkan inovasi produk dengan menghadirkan rasa kaldu ayam spesial yang dilengkapi oleh bumbu pelengkap yang terbuat dari rempah-rempah Nusantara. Hasil penelitian menunjukan terdapat tiga simbol yang menjadi komponen utama pada poster iklan Indomie “The Flavor of Love”, Ayam dalam Gunungan Mie dengan taburan bumbu dapur, teks “Flavor of Love, dan teks “Indomie has come…and delicious flavor”. Dengan terdapat penggunaan warna coklat pada teks, warna hijau pada background, tipografi dengan jenis font sans serif, serta layout pada poster yang mendukung pemaknaan. Penggunaan komponen sangat mendukung poster untuk dapat menunjukan pesan yang dapat diterima dengan baik oleh pembaca. Kesimpulan penelitian ini adalah poster memiliki simbol yang berbeda-beda, ketiga simbol tersebut memiliki makna yang merepresentasikan kesatuan pesan yang diperkuat dengan makna dalam penggunaan warna, tipografi, serta penempatan layout pada poster.
Analisis Semiotik Pada Iklan Baliho Bizhare “Yakin Mau Kerja Seumur Hidup???” (Analisis Semiotika Charles S. Pierce) Alifia Sabila Putri; Anandia Danita; Aprillia Putri; Ardita Syalwa; Farley Rafa Aurellia; Kharisma Aulia; Khaza Sukma Sakinah; Nur Mizaniyah Putri
Journal of Digital Communication Science Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v1i2.217

Abstract

Penelitian ini menginterpretasi makna dari baliho Bizhare yang merupakan sebuah perusahaan fintech yang bergerak di bidang investasi bisnis. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan analisis semiotika Charles Sanders Peirce yang mengklasifikasikan tanda menjadi tiga kelompok yaitu, ikon, indeks, dan simbol. Pada penelitian ini, penulis membahas elemen visual seperti gambar, warna, tulisan, dan simbol yang ditampilkan pada baliho kampanye “Yakin Mau Kerja Seumur Hidup???” agar dapat mengetahui bagaimana elemen-elemen tersebut saling berinteraksi dan membentuk makna yang lebih kompleks. Adapun tanda-tanda yang ditemukan dalam poster, yaitu barcode, gambar handphone, gambar uang, tagar #TransparanBikinAman, tagar #PatunganAja, slogan “Yakin Mau Kerja Seumur Hidup???”, dan warna ungu sebagai dasar poster.
Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Produk “Direct Selling” PT Agro Jabar Ramadan, Aldi; Baqi, David Al
Journal of Digital Communication Science Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v1i2.223

Abstract

Pemerintah mendirikan PT. Agro Jabar lembaga yang fokus dalam mengelola dan mengembangkan sektor agro dan menjalankan berbagai kegiatan agrobisnis. Penerapan strategi Direct Selling di PT Agro Jabar, Tujuan penelitian ini dibuat untuk mengetahui strategi yang telah di terapkan oleh PT Agro Jabar. Penelitian ini menggunakan metode model studi kasus, , Yin (2009) menjelaskan bahwa metode penelitian studi kasus merupakan strategi yang sempurna untuk dipergunakan dalam penelitian yg menggunakan pokok pertanyaan penelitian how atau why, sedikit ketika yang dimiliki peneliti buat mengontrol peristiwa yg diteliti, dan penekanan penelitiannya ialah fenomena pada masa ini, buat melacak insiden pada masa ini. di metode studi kasus, peneliti focus pada desain serta pelaksanaan penelitian. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme, paradigma konstruktivisme merupakan paradigma yang menganggap bahwa realitas sosial bersifat relative. Metode Direct Selling yang diterapkan PT Agro jabar, baik melalui pertemuan langsung maupun melalui media sosial, telah terbukti efektif dalam menghadapi berbagai tantangan dalam pemasaran. Keuntungan dari Direct Selling adalah biaya yang lebih rendah dan keterlibatan sumber daya manusia. Interaksi langsung dengan konsumen memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan feedback langsung, memahami kebutuhan konsumen dengan baik, dan menyesuaikan penawaran sesuai dengan kondisi yang ada. Strategi komunikasi dan pemasaran Direct Selling diterapkan oleh PT Agro Jabar untuk berinteraksi langsung dengan konsumen. Memahami kebutuhan mereka, dan meningkatkan penjualan produk serta menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan. Penerapan strategi komunikasi dan pemasaran Direct Selling di lapangan melibatkan berbagai metode, seperti presentasi langsung, pemanfaatan jejaring pribadi/relasi, demonstrasi produk, tawaran spesial dan diskon, serta dukungan terhadap tempat-tempat penjualan lainnya.
Hubungan Pencarian Informasi Pada Akun Instagram @Placetogobandung Dengan Minat Berkunjung Followers Aktif Ke Destinasi Kuliner Di Bandung: Indonesia Ramadhani, Fadli Muhammad; Suryana, Asep; Mahameruaji, Jimi Narotama
Journal of Digital Communication Science Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Digital Communication Science
Publisher : Universitas Indonesia Membangun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56956/jdcs.v1i2.224

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mencari tahu seberapa kuat hubungan antara pencarian informasi yang dilakukan oleh followers aktif akun Instagram @placetogobandung dengan minat berkunjung ke destinasi kuliner di Bandung. Teori yang digunakan sebagai landasan dalam riset ini adalah Information Search Process (ISP) yang dicetuskan oleh Carrol C. Kuhlthau dengan enam (6) tahapan pencarian informasi, yaitu: tahap inisiasi, seleksi, eksplorasi, formulasi, koleksi, serta presentasi, dan kaitannya dengan penggunaan informasi yang didapat dalam munculnya minat untuk berkunjung. Metode riset yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis deskriptif dan analisis korelasional. Sampel penelitian adalah followers aktif akun Instagram @placetogobandung yang berjumlah 138 orang, dengan sampel didapatkan melalui Simple Random Sampling. Pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner, observasi, serta studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan adanya kaitan yang signifikan antara pencarian informasi yang dilakukan oleh followers aktif akun Instagram @placetogobandung dengan minat berkunjung ke destinasi kuliner di Bandung. Terdapat hubungan yang kuat dari sub variabel tahap seleksi, eksplorasi, koleksi, dan presentasi dalam pencarian informasi, serta hubungan yang cukup kuat dari sub variabel tahap inisiasi dan tahap formulasi dengan minat berkunjung ke destinasi kuliner di Bandung.

Page 1 of 3 | Total Record : 30