Jurnal Informatika Polinema (JIP)
Vol. 5 No. 2 (2019): Vol 5 No 2 (2019)

SISTEM PENYIRAMAN TANAMAN SAYUR SECARA AEROPONIK BERDASARKAN SUHU DAN KELEMBAPAN BERBASIS IOT MENGGUNAKAN METODE FUZZY

Erfan Rohadi (Unknown)
Meyti Eka Apriyani (Unknown)
Nisa Hidayatul Laili (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2019

Abstract

Dalam meningkatkan produksi sayuran para petani menggunakan teknik hidroponik dalam mengatasi penggunaan pestisida yang berlebihan, akan tetapi teknik pengontrolan penanaman hidroponik yang digunakan masih menggunakan konvensional. Salah satu teknik penanaman hidroponik yang membutuhkan pengontrolan penyiraman secara tepat yaitu teknik aeroponik, dimana air nutrisi disemprotkan langsung ke akar secara berkala disesuaikan dengan kondisi lingkungan tanaman. Sistem pengontrolan penyiraman konvensional ini dapat digantikan dengan sebuah sistem yang otomatis, dimana dalam pengontrolan penyiramannya dapat digantikan dengan Raspberry Pi yang dihubungkan dengan sensor suhu dan kelembapan untuk melihat kondisi lingkungan tanaman dan pompa hidroponik untuk mengalirkan air ke akar tanaman. Pengambilan keputusan kontrol durasi penyiraman berdasarkan kondisi lingkungan tanaman yaitu menggunakan Metode Fuzzy Mamdani. Dalam penelitian ini diperoleh beberapa faktor yang mempengaruhi durasi penyiraman yaitu, pada suhu tertinggi 33ᵒC dengan kelembapan 44% mendapati durasi 11 detik, pada suhu terendah 25ᵒC dengan kelembapan 69%-70% mendapati durasi 8 detik. Penggunaan Metode Fuzzy Mamdani telah dapat menentukan durasi penyiraman berdasarkan kondisi lingkungan tanaman. Kata kunci : Hidroponik, Aeroponik, Raspberry Pi, Sensor Suhu dan Kelembapan, Fuzzy Mamdani

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Library & Information Science

Description

The focus and scope of articles published in JIP (Journal of Informatics Polinema) encompasses the game technology, information system, computer network, computing, which covers the following scope: Game Technology Artificial Intelligence Intelligent System Machine Learning Image Processing Computer ...