Jurnal Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2023)

KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS 4 MIS KHOLIJAH MUKHTAR II

Mauliya, Dina (Unknown)
Suryadi, Suryadi (Unknown)
Syafitri, Zalina (Unknown)
Husni, Muhammad (Unknown)
Br Hutagaol, Sri Titin Artini (Unknown)
Efendi, Erwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui “Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran di Mis Kholijah Mukhtar II”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana kinerja guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi hasil belajar pembelajaran pada siswa. Alat pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara dan pedoman studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) guru telah membuat perencanaan pembelajaran di kelas 4 MIS Kholijah Mukhtar II terbukti guru sudah menyebutkan tujuan pembelajaran dalam RPP; menyusun bahan ajar secara berurutan, kontekstual dan logis; merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif; dan memilih sumber belajar atau media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan metode Pembelajaran. (2) Guru telah melakukan proses pembelajaran di kelas 4 MIS Kholijah MukhtaR II. Hal ini dibuktikan guru sudah memulai pembelajaran dengan efektif, menguasai materi pelajaran, menerapkan pendekatan atau metode pembelajaran yang efektif, memanfaatkan sumber atau media pembelajaran dalam pembelajaran, memotivasi dan membina keterlibatan siswa dalam pembelajaran, menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran, mengakhiri dengan belajar yang efektif. (3) Guru telah melakukan penilaian siswa kelas 4 MIS Kholijah Mukhtar II. Hal ini terbukti guru sudah merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik, menggunakan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik serta memanfaatkan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik tentang hasil belajarnya, kemajuan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alittihadu

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Al Ittihadu adalah jurnal akses terbuka double-blind, peer-review, di Zona Pendidikan Islam. Jurnal Al Ittihadu dimaksudkan untuk menyediakan forum akademik bagi para peneliti yang tertarik untuk membahas isu-isu saat ini dan masa depan tentang pendidikan Islam. Fokus pada pemberian ...