Jurnal Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2024)

IMPLEMENTASI ANALISIS HIPOTESIS ASOSIATIF UNTUK MENGETAHUI KEPUASAN PELANGGAN PADA LAYANAN JASA PENDIDIKAN

Tusyadiah, Nur Halima (Unknown)
Nurhasyifa, Najwa (Unknown)
Yusri, Mhd Halim (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pelanggan pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kepuasan pelanggan adalah inti dari bisnis MMT. Kualitas produk/jasa perlu ditingkatkan untuk memenuhi atau melampaui kepuasan pelanggan. Kegagalan memenuhi kepuasan pelanggan/klien berarti kegagalan penerapan MMT. Selain itu, lembaga pendidikan merupakan bagian dari proses pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan tantangan zaman. Pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan tentunya sangat erat kaitannya dengan kepuasan yang diperoleh masyarakat melalui layanan pendidikan yang ada. Kepuasan pelanggan dan pemilihan layanan pendidikan dapat menjelaskan hasil analisis bahwa pada lembaga pendidikan kepuasan pelanggan sama dengan kegiatan pemasaran produk lainnya. Kepuasan pelanggan di bidang pendidikan sangat berpengaruh dalam pemilihan institusi pendidikan. Meskipun jasa pendidikan bersifat intangible, namun pelanggan dapat melihat dan merasakannya melalui hasil lulusan dan jasa yang diberikan oleh lembaga pendidikan tersebut. Dengan demikian, kepuasan pelanggan dalam dunia pendidikan sangat mempengaruhi kuantitas dan pemilihan lembaga pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alittihadu

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Al Ittihadu adalah jurnal akses terbuka double-blind, peer-review, di Zona Pendidikan Islam. Jurnal Al Ittihadu dimaksudkan untuk menyediakan forum akademik bagi para peneliti yang tertarik untuk membahas isu-isu saat ini dan masa depan tentang pendidikan Islam. Fokus pada pemberian ...