JURNAL PENDIDIKAN PEMBELAJARAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Vol 2 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN PEMBELAJARAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

ANALISIS EFEKTIFITAS PENERAPAN KURIKULUM PENDIDIKAN SEKOLAH MINGGU BUDDHA DI MASA PANDEMI COVID-19

Hadion Wijoyo (Department of Informatika Sysytem, STMIK Dharmapala Riau, Pekanbaru)
Partono Nyanasuryanadi (STIAB Smaratungga, Boyolali, Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2020

Abstract

Fungsi Kurikulum SMB akan efektif dengan dikembangkannya kurikulum yang berorientasi pada pengembangan fisik (kaya bhavana), sosial atau moralitas (sila bhavana), mental spiritual (citta Bhavana), dan pengetahuan (Panna Bhavana) peserta didik yang berbasis pada nilai dan ajaran Agama Buddha. Sesuai dengan surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) No. 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Coronavirus Disesase (Covid-19) terkait proses belajar menyatakan bahwa belajar dari rumah melalui pembelajaran daring dilaksankan untuk memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, teknik penumpulan data dilakukan secara triangulasi. 4. Dalam pembelaran daring, pendidik masih perlu menyesuaikan diri dengan keadaan psikologi peserta didik baik dalam mengelola kelas maupun dalam membawakan materi pembelajaran

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp3m

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

JP3M is a periodical scientific journal published by FKIP UICM containing articles of research studies (theories and applications) as well as reviews of literature about ...