Integrasi pendidikan kewarganegaraan dalam kurikulum perguruan tinggi vokasi menjadi perhatian penting dalam mengembangkan warga negara yang aktif dan berpartisipasi. Namun, keberhasilan integrasi ini sering kali dihadapi oleh berbagai tantangan yang perlu dipahami lebih dalam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan dan tantangan dalam mengintegrasikan pendidikan kewarganegaraan dalam kurikulum perguruan tinggi vokasi di kota x dari perspektif dosen dan mahasiswa. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan dosen dan mahasiswa dari beberapa program studi vokasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan tematik. Temuan penelitian mengungkapkan beberapa kebutuhan krusial seperti peningkatan pemahaman konsep kewarganegaraan, integrasi mata kuliah yang relevan, dan pembelajaran yang berorientasi pada praktik. Tantangan utama yang dihadapi termasuk keterbatasan waktu dan sumber daya, kurangnya dukungan administratif, dan kebutuhan akan pengembangan profesionalisme dosen. Implikasi dari temuan ini untuk pengembangan kurikulum dan pelatihan dosen dibahas secara mendalam. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi para pengambil keputusan di perguruan tinggi vokasi dalam upaya meningkatkan integrasi pendidikan kewarganegaraan dalam kurikulum.
Copyrights © 2024