Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 2 (2024): APRIL - MEI 2024

Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih

Sania Nur Janah (Unknown)
Masripah, Masripah (Unknown)
Anton, Anton (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui eksperimen pre-experiental one grup pretest-posttest. Hasil penilaian menunjukan uji validitas kuesioner penerapan model pembelajaran Talking Stick terdapat 8 item pertanyaan yang dikategorikan valid dengan uji reabilitas 0.72. Uji validitas kuesioner motivasi belajar siswa terdapat 12 item pernyataan yang dikategorikan valid dengan uji reabilitas 0.84. Hasil normalitas pretest kelas eksperimen skor 53 dan kelas kontrol skor 59. Hasil normalitas posstest kelas eksperimen skor 85 dan kelas kontrol skor 72. Hasil uji t sebesar 0,01 < 0,05 maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji t dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Setelah melewati beberapa tahap perhitungan sebelumnya, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih terdapat peningkatan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...