Tujuan penelitian ini, yakni mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran aktif (active learning) model small group discussion pada mata pelajaran Fikih dan mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran aktif (active larning) model small group discussion dalam mengaktifkan belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MTs Alkhairaat Pusat Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan metode pembelajaran aktif (active learning) model small group discussion pada mata pelajaran Fikih telah diterapkan di MTs Alkhairaat Pusat Palu. Adapun pelaksanaannya pada mata pelajaran Fikih telah terlaksana dengan baik mulai dari tahapan persiapan hingga pelaksanaannya. Selain itu, penggunaan metode tersebut terbukti (active learning) model small group discussion dalam mata pelajaran Fikih dapat mengaktifkan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran, meningkatkan berpikir kritis peserta didik dalam diskusi, dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengerjakan soal baik tugas maupun pada ulangan harian.
Copyrights © 2024