Program Pelatihan Belajar Inovasi Mandiri dan Aplikasi (PATIH BIMA) berbasis bioglocal dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru biologi SMA di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Pendampingan diberikan kepada guru dalam mengimplementasikan media berbasis bioglocal dalam pembelajaran, dan evaluasi menunjukkan bahwa 90% guru merasa terbantu dalam mengatasi kendala teknis maupun pedagogis.Penggunaan aplikasi Augmented Reality assembler meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pelajaran kompleks, sedangkan penggunaan soal High Order Thinking Skills (HOTS) meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa pemanfaatan media berbasis bioglocal dan aplikasi Augmented Reality assembler memberikan manfaat nyata bagi guru dan siswa. Guru-guru menjadi lebih inovatif dan efektif dalam menyampaikan materi pelajaran, sementara siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis mereka.Program PATIH BIMA berbasis bioglocal berhasil mencapai tujuan yang ditetapkan. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran telah membawa perubahan positif dalam proses pembelajaran dan peningkatan kemampuan guru. Rekomendasi untuk pengembangan selanjutnya adalah meluaskan program ini ke wilayah yang lebih luas dan meningkatkan pendampingan serta kerjasama dengan lembaga pendidikan dan penelitian lainnya untuk mendukung pengembangan konten dan aplikasi pembelajaran yang lebih bervariasi dan relevan
Copyrights © 2023