Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP pada materi SPLDV. Subjek pada penelitian ini yaitu 20 siswa kelas IX SMP Negeri yang ada di Kabupaten karawang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mana tujuannya untuk mendeskripsikan atau menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalamĀ mengerjakan soal kemampuan berpikir kreatif pada materi SPLDV. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tes kemampuan berpikir kreatif matematis, Proses pelaksanaannya terdiri dari tiga langkah, yakni persiapan, pelaksanaan, dan analisis data. Pada tahap pelaksanaan siswa diberi soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang terdiri dari 4 soal dengan aspek kemampuan berpikir kreatif matematis yang digunakan adalah Fluency, Flexibility, Elaborasi dan Originality. Hasil dari penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi SPLDV siswa SMP di salah satu SMP yang tepatnya ada di Kabupaten Karawang berada dalam kategori sedang. Dengan jawaban siswa tidak mampu menghasilkan ide ide baru, dan siswa kurang mampu mengembangkan ide ide atau gagasan, kesimpulan dari penelitian ini dapat kita lihat dari indikator indikator kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kurang mampu berpikir originality dan berpikir elaboration.
Copyrights © 2024