Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran literasi matematika siswa kelas VIII SMPN 21 Makassar pada tahun ajaran 2022/2023 dalam menyelesaikan soal PISA. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan campuran (Mixed Methods Research) yang dirancang untuk mengetahui literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Data yang diolah adalah data literasi matematika siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes dan wawancara. Soal yang digunakan dalam tes mengukur literasi matematika siswa adalah soal-soal yang diadaptasi dari PISA yang berjumlah 3 soal dan terdiri dari level 1,3 dan 5. Soal-soal ini dikerjakan oleh 30 orang siswa dalam 45 menit. Berdasarkan olahan data, diperoleh bahwa literasi matematika siswa kelas VIII SMPN 21 Makassar tergolong baik untuk level 1 dan 3, kurang sekali untuk level 5. Adapun kesulitan yang paling dominan dialami siswa adalah kesulitan dalam perhitungan, kesulitan menganalisis soal, dan kesulitan dalam memahami soal cerita.
Copyrights © 2024