Masyarakat Alue Bilie yang mayoritas dianut yakni ajaran Islam sebagai jangkauan Bank Aceh Cabang Pembantu Alue Bilie menggunakan prinsip bank syariah sesuai dengan syariat islam. Akan tetapi pada pengambilan keputusan menggunakan bank syariah ada dua indikator oleh nasabah. Tingkat pengetahuan nasabah yang diperoleh melalui informasi-informasi yang pertama dan yang kedua dipengaruhi oleh promosi-promosi yang dijalankan oleh Bank Aceh Syariah. Tujuan yang hendak dicapai untuk mengetahui pengetahuan nasabah terhadap prinsip produk pembiayaan di pada Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Alue Bilie. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam penentuan subjek penelitian penulis menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data ditempuh dengan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan dengan tahapan mereduksi data, mendisplay data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan nasabah terhadap prinsip produk pembiayaan yang ada di Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Alue Bilie diperoleh melalui informasi dan promosi yang dilakukan oleh bank. Informasi-informasi yang didapatkan oleh nasabah melalui pegawai bank yang langsung memberikan menjelaskan mengenai prinsip-pinsip produk pembiayaan yang ada di bank ketika nasabah hendak melakukan transaksi pembiayaan. Nasabah juga mendapatkan informasi melalui nasabah lain yang telah duluan melakukan transaksi dan dari rekan-rekan kerja di kantor atau ditempat nasabah berkerja. Pengetahuan mengenai prinsip produk pembiayaan juga didapatkan nasabah melalui promosi-promosi yang dilakukan oleh pihak bank Aceh Syariah Cabang Alue Bilie. Promosi-promosi yang dilakukan oleh bank dalam bentuk baliho, spanduk, media sosial stori WA, dan video iklan di dalam ruang tunggu bank. Promosi tersebut merupakan marketing produk yang dilakukan oleh bank untuk memberikan informasi-informasi mengenai produk pembiayaan yang ada di bank.
Copyrights © 2023