ARIMA : Jurnal Sosial Dan Humaniora
Vol. 1 No. 2 (2023): November

Implementasi Strategi Pembelajaran Afektif Dalam Pembelajaran PAI

Supardi Ritonga (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis)
Agus Supriadi (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis)
Muhammad Syahid (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2023

Abstract

Pembelajaran pendidikan agama islam memerlukan adanya suatu pendekatan yang tepat dalam upaya mencapai tujuan, pendekatan tersebut seperti penggunaan strategi pembelajaran Afektif. Hal ini dikarnakan strategi pembelajaran Afektif menjadi suatu pendekatan yang dilakukan dalam upaya membina dan membentuk sikap positif yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan tujuan untuk mengumpulkan data berupa karya tulis ilmiah mengenai strategi Afektif yang selanjutnya dikaitkan dengan pembelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, langkah-langkah, kelebihan, kekurangan, serta implementasi dari strategi pembelajaran afektif. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan beberapa penjelasan mengenai implementasi strategi Afektif, diantaranya; 1). Strategi pembelajaran afektif menjadi alternative dalam mencapai tujuan pendidikan agama islam; 2). Karakteristik strategi ini menjadi penentu keberhasilan pembelajaran; 3). Pelaksanaan strategi ini akan dapat membentuk peradaban bangsa yang bermatabat. Akan tetapi memiliki kesulitan dalam melakukan kontrol. Melalui penelitian ini diharapkan menjadi sumber referensi literasi pembaca terutama pendidik dalam upaya menerapkan strategi pembelajaran afektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

arima

Publisher

Subject

Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

ARIMA : Jurnal Sosial Dan Humaniora Jurnal yang diterbitkan 4 (empat) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal ini adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang ...