ARIMA : Jurnal Sosial Dan Humaniora
Vol. 1 No. 3 (2024): Februari

HUBUNGAN MEKANISME KOPING DAN SELF-ACCEPTANCE PADA MAHASISWA PASCA PUTUS CINTA

Anisa Fahira Rahman (Universitas Tarumanagara)
Untung Subroto (Universitas Tarumanagara)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan terkait mekanisme koping dengan self acceptance pada mahasiswa pasca putus cinta. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui hubungan mekanisme koping dengan self acceptance pada mahasiswa pasca putus cinta itu sendiri. Partisipan yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah mahasiswa (S1) laki-laki dan perempuan yang berumur sekitar 18 sampai 23 tahun. Memiliki pengalaman putus cinta minimal 6 bulan dan maksimal 1 tahun setelah putus cinta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah partisipan dalam penelitian ini berjumlah 110 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan google form dan excel untuk melihat hasil data yang telah dikumpulkan. Hasil uji statistik diperoleh P value = 0,000, pada α = 0,05 (p< α) maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang bermakna atara hubungan yang signifikan antara mekanisme koping dan self-acceptance pada mahasiswa pasca putus cinta. Hasil Uji reliabilitas menunjukan bahwa strategi mekanisme koping problem focused coping bernilai 0,692 dan emotion focused coping bernilai 0,834 memiliki nilai α > 0,60 yang mengartikan keduanya tergolong reabilitas, namun terkait strategi mekanisme koping yang lebih reabilitas yakni emotion focused coping.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arima

Publisher

Subject

Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

ARIMA : Jurnal Sosial Dan Humaniora Jurnal yang diterbitkan 4 (empat) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal ini adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang ...