JOP
Vol. 1 No. 1 (2024): Journal of Pedagogi-February

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA OBJEK NYATA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN BENDA PADAT DAN BENDA CAIR DI KELAS II SD NEGERI 204/X NIPAH PANJANG I’ PANTAI GALANG

SITI KARYANI (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2024

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah usaha peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan tema benda padat dan benda cair menggunakan objek nyata melalui metode demonstrasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 204/X Nipah Panjang I’ Pantai Galang yang berjumlah 8 orang. Adapun tujuan dalam penelitian ini meliputi: 1) Kemampuan guru dalam menggunakan objek nyata pada pelaksanakan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA tentang benda padat dan benda cair untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II Sekolah Dasar Negeri 204/X Nipah Panjang I’ Pantai Galang. 2) Partisipasi siswa dalam pembelajaran IPA dengan metode demonstrasi di kelas II Sekolah Dasar Negeri 204/X Nipah Panjang I’ Pantai Galang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II dan guru yang sekaligus bertindak sebagai peneliti. Penggunaan prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi partisipan dan teknik pengukuran. Sedangkan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembaran observasi simulasi Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran demonstrasi sangat cocok bila digunakan bersamaan dengan media objek nyata dikarenakan memudahkan siswa untuk memahami suatu konsep dalam pembelajaran khususnya pada tema benda padat dan benda cair.

Copyrights © 2024






Journal Info
JOP

Abbrev

JOP

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Pedagogi (JOP) is a peer-reviewed, open access international journal established for the dissemination of cutting-edge knowledge and providing comprehensive insights on all aspects of life. All submitted manuscripts will be reviewed by the editors and then evaluated by a minimum of two ...