Perkembangan teknologi saat ini telah berkembang pesat. Bahkan di usia di bawah 10 tahun pun sudah mengenal teknologi khususnya smartphone yang bisa digunakan untuk mengakses apa saja. Dalam dunia Pendidikan, tentunya tidak terlepas dari perkembangan teknologi. Hal ini membuat para tenaga pendidik harus terus berinovasi agar pendidkan dan teknologi harus saling beriringan. Di salah satu sekolah di kota bandung siswa/siswi sekolah tersebut memiliki tingkat numerasi yang rendah. Setelah di observasi hal tersebut terjadi karena beberapa hal. Salah satunya karena metode yang disampaikan oleh guru kurang inovatif dan belum beradaptasi dengan teknologi. Oleh karena beberapa permasalahan itulah yang menjadi latar belakang dilakukannya penelitian. Penelitian ini dikembangkan dengan tujuan : (1) mengembangkan produk berupa aplikasi yang berisikan materi, video, dan kuis materi bangun ruang dan bangun datar untuk kelas 5 Sekolah Dasar. (2) sebagai media pembelajaran alternatif yang dapat digunakan oleh guru ketika mengajar (3) mengetahui efektifitas media pembelajaran bebasis aplikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Analyze, Design, Development, Implemenation and Evaluation (ADDIE). Sedangkan metode pengujian dilakukan dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah aplikasi interaktif yang dapat digunakan oleh siswa ataupun guru di sekolah agar pembelajaran lebih menarik. Isi didalam aplikasi tersebut menarik, karena didalamnya terdapat tombol-tombol yang mudah digunakan dan mudah dipahami juga terdapat petunjuk penggunaan aplikasi tersebut, terdapat fitur materi, contoh soal, video, dan quiz. Dan setelah dilakukan uji coba kepada siswa dan guru mendapat hasil 74,25 %. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi untuk materi matematika pada kelas 5 sekolah dasar efisien dan efektif jika digunakan oleh siswa dan guru.
Copyrights © 2024