Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan
Vol. 14 No. 5 (2023): Co-Value: Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan

Pengaruh Persepsi Teknologi dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian

I Dewa Gede Sayang Adi Yadnya (Universitas Buana Perjuangan Karawang)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh persepsi teknologi dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian konsumen dalam konteks produk teknologi. Perkembangan pesat dalam teknologi telah memberikan dampak signifikan pada perilaku konsumen, dengan konsekuensi langsung terhadap keputusan pembelian mereka. Oleh karena itu, pemahaman lebih lanjut tentang bagaimana persepsi teknologi dan persepsi risiko mempengaruhi keputusan pembelian menjadi sangat penting. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang merupakan konsumen produk teknologi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen (persepsi teknologi dan persepsi risiko) dengan variabel dependen (keputusan pembelian). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi teknologi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Artinya, semakin positif konsumen melihat teknologi suatu produk, semakin besar kemungkinan mereka untuk membelinya. Sebaliknya, persepsi risiko memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin rendah tingkat risiko yang dirasakan oleh konsumen, semakin besar kemungkinan mereka untuk melakukan pembelian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

covalue

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Co-Value : Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan [p-ISSN 2086-3306 | e-ISSN 2809-8862] merupakan jurnal ilmiah berbentuk penelitian dan dapat diakses secara terbuka. Jurnal ini diterbitkan tiga kali dalam setahun oleh Program Studi Manajemen Institut Manajemen Koperasi Indonesia ...