Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi guna mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis peserta didik serta kelayakan dan efektivitas penggunaan e-modul berbasis inkuiri terbimbing guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian ini mengikuti model pengembangan Lee & Owens (2004). Kelayakan e-modul ini dilihat dari kelayakan teoritis yaitu hasil validasi ahli media dan ahli desain pembelajaran yang masing-masing medapatkan skor presentase 92% dan 89,41% dengan kriteria “sangat baikâ€, kelayakan secara praktisi yaitu dari penilaian guru dengan skor presentase 94,58% dengan kriteria “sangat baik†dan respon peserta didik dengan skor presentase 90,88% dengan kriteria “sangat baik/sangat menarikâ€, dari hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran di SMA. Uji efektivitas yang dievaluasi melalui uji t-paired dengan hasil t-hitung sebesar 20,878 lebih besar dari t-tabel, sehingga penggunaan e-modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi di SMA.
Copyrights © 2024