Alur pendaftaran pasien rawat jalan di Puskesmas Tugu digabungkan untuk beberapa pelayanan, sehingga banyak pasien belum paham. Perbaikan alur pelayanan pasien rawat jalan yang lebih mudah dipahami sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman pasien tentang alur pelayanan rawat jalan sebelum dan sesudah menggunakan X-Banner. Desain penelitian menggunakan research and development. Populasi penelitian, seluruh pasien rawat jalan yang mendaftar bersifat invinite. Sampel diambil secara accidental sampling sebanyak 72 pasien. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan rumus T-independent. Hasil penelitian didapatkan gambar alur pelayanan rawat jalan lama sulit dipajami karena satu gambar digunakan untuk beberapa pelayanan. Tingkat pemahaman pasien terhadap alur pelayanan pasien rawat jalan lama dengan kriteria baik 34,7 persen, cukup 36,1 persen dan kurang dari 29,2 persen. Pembuatan model alur pelayanan rawat jalan yang baru menggunakan media X-Banner melibatkan petugas pendaftaran berhasil disepakti dan dibuat untuk diujicobakan. Hasil uji coba di dapatkan tingkat pemahaman pasien terhadap alur pelayanan pasien rawat jalan baru dengan kriteria baik 48,6 persen, cukup 27,7 persen dan kurang 23,7 persen. Hasil analisa uji T-independent tentang pemahaman alur pelayanan pasien rawat jalan sebelum dan sesudah menggunakan X-Banner nilai p < 0,001. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan ada peningkatan pemahaman pasien yang bermakna sebelum dan sesudah menggunkan X-Banner alur pelayanan pasien rawat jalan.
Copyrights © 2022