Penggunaan perangkat elektronik seperti Smartphone dan computer, yang berlebih dapat mempengaruhi anak-anak lebih buruk dibandingkan kelompok usia lainnya. Peran orang tua dalam memantau dan mengontrol informasi yang diterima anak melalui gadget sangat penting dalam perkembangan otak anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kelas digital parenting terhadap pola kontrol orang tua dalam pengawasan, pembatasan, dan pendampingan anak pada penggunaan gadget di SDN Ledug. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Pretest-Posttest Kontrol Group Design. Penelitian ini dilakukan di SDN Ledug Kecamatan Kembaran dengan 51 responden yang diperoleh menggunakan teknik simple random sampling. Hasil uji Mann-Whitney dari posttetst pola kontrol pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol mengahsilkan nilai p-value 0,000 (p < 0,05). Disimpulkan bahwa kelas Digital Parenting berpengaruh terhadap pola kontrol orang tua pada penggunaan gadget anak.
Copyrights © 2023