Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2021

Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn Tema 8 Tentang Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab Warga Negara melalui Pembelajaran Model Think-Pair-Share (TPS) Berbasis CD Pembelajaran pada Siswa Kelas VI

sugianto sugianto (SDN Kedawung II Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus empat pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas Kelas V SD Negeri Kedawung II Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan kesatu dan dua sampai dengan siklus dua pertemuan kedua nilai rata –rata prestasi hasil belajar siswa yaitu 65.22, 72,17, dan 80,07 sedangkan prosentase peningkatan ketuntasan belajar siswa sebagai berikut; 56,52%, 78,26%, dan 95,65%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...