Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan datanya melalui metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Tes merupakan suatu teknik atau cara yang digunakan dalam rangka melaksanakan kegiatan pengukuran, yang di dalamnya terdapat berbagai pertanyaan, pertanyaan atau serangkaian tugas yang harus dikerjakan atau dijawab oleh peserta didik untuk mengukur aspek perilaku peserta didik. Tes dilaksanakan di kelas VI SD Negeri Banyuanyar Lor. Tes dilaksanakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa selama proses pembelajaran, baik dalam siklus I maupun siklus II dan selanjutnya sampai selesainya penelitian tindakan kelas yang direncanakan, instrumennya berupa tes tulis yang telah dirancang bersama oleh peneliti dengan kolaborator dalam penelitian ini. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis, dan hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca dan tes tulis siswa dari sebelum diterapkan metode drill dan sesudah diterapkannya metode drill. Ini terbukti Peningktan hasil belajar sebelum perbaikan (Pra siklus), siswa yang mendapat nilai rata-rata 69, siswa yang tuntas belajar sebanyak 5 anak dengan persentase ketuntasan sebesar 36%. Pada perbaikan pembelajaran siklus I ada peningkatan siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 74, siswa yang tuntas belajar sebanyak 9 anak dengan persentase ketuntasan sebesar 64%. Selanjutnya pada perbaikan pembelajaran siklus II ada peningkatan yang sangat bagus yaitu siswa yang mendapat nilai rata-rata sebesar 81, semua siswa yang berjumlah 14 anak tuntas belajar semua dengan persentase ketuntasan sebesar 100%.
Copyrights © 2021