Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2021

Seminar Ilmiah Laporan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Bidang Studi di SMP Negeri 1 Sendang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Hery Purnawirawan (SMP Negeri 1 Sendang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan Guru Bidang Studi di SMP Negeri 1 Sendang dalam membuat Laporan PTK sebagai sarana pengembangan profesi guru melalui Seminar.(2) Meningkatan kemampuan Guru Bidang Studi di SMP Negeri 1 Sendang dalam membuat Laporan PTK sebagai sarana pengembangan profesi guru melalui Seminar. (3) Mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan Guru Bidang Studi di SMP Negeri 1 Sendang dalam membuat Laporan PTK sebagai sarana pengembangan profesi guru melalui Seminar. Dalam menyusun, mengembangkan Laporan PTK melalui Seminar ilmiah dengan menggunakan penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) sebelum diadakan Seminar guru hanya mendapatkan kategori nilai cukup artinya sebagian belum paham, setelah diadakan Seminar dua kali pada tanggal 25 September dan 2 Oktober 2019 terjadi peningkatan dalam pemahaman membuat Laporan PTK. Penilaian melalui Rubrik Penilaian Pembuatan Laporan PTK pada siklus 1 yang mendapat kategori cukup, dan hasil penilaian pada siklus kedua mencapai baik, dan (b) aktivitas guru dalam mengikuti Seminar pembuatan Laporan PTK yang lengkap dan sistematis pada siklus kedua lebih baik daripada pada saat siklus kesatu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...