Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Agustus 2021

Efektivitas Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Akuntansi Materi SPT Tahunan Mata Pelajaran Administrasi Pajak Pada Siswa Kelas XII AK-4 Semester 1 SMK Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2019/2020

Sunik Sriani (SMKN 1 Boyolangu)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah Siswa Kelas XII AK-4. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran SPT Tahunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Metode Resitasi untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa pada materi SPT Tahunan Siswa Kelas XII AK-4 SMK Negeri 1 Boyolangu mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil Belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 66,7% dan pada siklus II 87,9%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Akuntansi pada materi SPT Tahunan melalui Metode Resitasi dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa dan dapat mempermudah Siswa Kelas XII AK-4 SMK Negeri 1 Boyolangu dalam menyelesaikan soal SPT Tahunan. Oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan Metode Resitasi dalam pembelajaran Akuntansi pada materi SPT Tahunan agar Hasil Belajar siswa meningkat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...