Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Nopember 2021

Peningkatan Prestasi Belajar IPS dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Siswa Kelas VII-M SMP Negeri 1 Tulungagung Semester 1 Tahun pelajaran 2018/2019

Marganingsih Marganingsih (SMP Negeri 1 Tulungagung)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran TGT. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan subyek dan sumber data siswa kelas VII-M SMP Negeri 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2018-2019 pada mata pelajaran IPS dengan jumlah siswa 36 orang. Desain penelitian menggunakan Model pembelajaran kooperatif berpandangan bahwa siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep-konsep yang sulit apabila mereka saling mendiskusikan konsep-konsep tersebut dengan teman sebayanya (Slavin, 2008). Berdasarkan temuan dalam refleksi-evaluasi kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dapat disimpulkan bahwa; (1) melalui prosedur dan langkah-langkah yang sesuai, penggunaan strategi tgt dapat meningkatkan aktivias belajar siswa pada mata pelajaran IPS; (2) Penerapan strategi tgt dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai pada aspek aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran yaitu: (a) perhatian; (b) menyampaikan pertanyaan; (c) menjawab pertanyaan; (d) memberikan tanggapan. (3) Persepsi siswa terhadap penggunanaan strategi setiap siswa bisa jadi guru yang diterapkan dalam penelitian ini sangat positif, siswa sangat senang dan sangat berminat jika strategi ini digunakan pada materi dan mata pelajaran selain IPS.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...