Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Nopember 2021

Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Pada Mapel Bahasa Indonesia Materi Teks Cerpen Melalui Pendekatan Sientific Pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Sumber

Asim Asim (SMP Negeri 1 Sumber)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2021

Abstract

Hasil penelitian yang telah di jelaskan dengan Pendekatan penelitian Scientific pada materi teks cerpen serta dengan latar belakang yang telah di jelaskan pada penelitian ini, maka peneliti membuat suatu judul yaitu: “Upaya Meningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Cerpen Melalui Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Sumber Tahun Pelajaran 2019/2020” dapat kondusif dan berjalan dengan lancar. Hasil penelitian menunjukan selalu ada peningkatan pada tiap siklusnya. Pada tahap awal pra siklus jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 5 siswa, dengan rata-rata nilai 69, dengan persentase ketuntasan sebesar 36%. Kemudian pada Siklus I dengan ketuntasan belajar sebanyak 10 siswa, rata-rata nilai yang dicapai 74, dan persentase ketuntasan sebesar 71%., dan Pada siklus II ini, dengan perolehan hasil belajar siswa kelas IX A yang berjumlah 14 siswa tuntas belajar semua, Nilai rata-rata sebesar 83, dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 100%. Dalam jangka waktu kurang lebih 2 bulan, dengan konsep 4 kali pertemuan maka pendekatan scientific berdampak positif bagi proses pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi teks cerpen. Pendekatan seperti ini sangat cocok sekali di terapkan pada siswa. Dengan pendekatan scientific siswa dapat lebih mudah memahami dan mempraktekkan materi teks cerpen yang baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...