Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 1 (2022): Volume 2, Nomor 1, Februari 2022

Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Membaca Al-Quran dengan Tartil melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IX A Di SMP Negeri 4 Trenggalek

Khotimah, Husnul (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2022

Abstract

Abstrak: T Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua putaran (siklus) merujuk pada metode yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IX A semester 2 SMP Negeri 4 Trenggalek Kabupaten Trenggalek tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif lembar kegiatan belajar mengajar. Pada pelaksanaan pembelajaran sebelum diadakan penelitian, nilai rata-rata siswa sebesar 68.92 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 36.00%. Pada pelaksanaan siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 73.92 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 64.00% jauh lebih baik dari hasil pada sebelum siklus dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 5.00 dengan peningkatan persentase ketuntasan sebesar 28.00%. Peningkatan prestasi belajar siswa terus berkembang hingga pada akhir siklus II yang memperoleh nilai rata-rata 78.76 dengan prosentase ketuntasan sebesar 96.00%. Apabila dibandingkan prestasi pada siklus I, terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 4.84 dan ketuntasan sebesar 32.00%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...