Abstrak: Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas IX-Epada waktu pembelajaran Matematika diperoleh hasil bahwa Hasil belajarsiswa kurang memuaskan, yaitu dari 33 siswa hanya 14 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 19 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Pangkat dan Akar tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Pangkat dan Akar serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Drill. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas IX-E. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Pangkat dan Akar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Drill untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi Pangkat dan Akarsiswa Kelas IX-E SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal inidibuktikan dengan adanya peningkatan Hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 66,7%dan pada siklus II87,9%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Pangkat dan Akarmelalui Metode Drill dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Kelas IX-E SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Pangkat dan Akar. Oleh karena itu guru menggunakan Metode Drill dalam pembelajaran Matematika pada materi Pangkat dan Akar agar Hasil belajar siswa meningkat.
Copyrights © 2022