Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 2 (2022): Volume 2, Nomor 2, Mei 2022

Penggunaan Teknik Creative Approach (Pendekatan yang Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI-A-3 Semester Genap di SMA Negeri 1 Karangbinangun, Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2016/2017

Bagus Kridawahana, Anang Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan kreativitas peserta didik dengan teknik creative approach guna meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Karangbinangun Kabupaten Lamongan dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi nilai hasil belajar yang masih dibawah ketuntasan. Metode yang digunakan yakni PTK dengan menggunakan beberapa siklus dan setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan. Hasil penelitian menunjukkan jika rata – rata nilai aspek kognitif sebesar 63%, aspek psikomotor sebesar 64% dan aspek afektif rata ratanya sebesar 66%. Rata – rata prestasi belajar sebesar 64 %. Nilai tersebut masih dibwah ketuntasan belajar (70%) sehingga diperlukan siklus lanjutan. Dengan menggunakan teknik creative approach diperoleh rata – rata pada aspek Koqnitif 89%, aspek psikomotor 81% dan aspek afektif rata ratanya sebesar 82%. Sehingga hasil prestasi belajar rata – rata 84 %. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan jika penggunaan teknik creative approach pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Karangbinangun Kabupaten Lamongan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...