Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 2 (2022): Volume 2, Nomor 2, Mei 2022

Penerapan Supervisi Kolaboratif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SD Negeri 2 Karangnongko Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang

Sumi’anah, Sumi’anah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Profesionalis seorang guru pada jenjang sekolah dasar mempunyai peran yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam kompetensi profesionalitas di SD Negeri 2 Karangnongko Kabupaten Malang melalui kegiatan supervisi kolaboratif kepala sekolah. Penelitian dilaksanakan pada bulan September sampai Desember tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan jika terjadi peningkatan kinerja dan pemahaman guru dalam meningkatkan dan memotivasi kompetensi profesional guru dari siklus I ke siklus II. Peningkatan kompetensi profesional guru di SD Negeri 2 Karangnongko Kabupaten Malang dari pra-siklus ke siklus 1 sebesar 18,18 poin. Rata-rata kompetensi profesional guru pada pra-siklus sebesar 52,27 dengan kriteria kurang dan pada siklus 1 sebesar 70,45 dengan kriteria cukup. Kompetensi profesional guru juga mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 18,19 poin. Rata-rata kompetensi profesional guru pada siklus 2 sebesar 88,64 dengan kriteria baik. Kesimpulan dalam penelitian ini yakni terdapat peningkatan kinerja guru dalam kompetensi profesionalitas di SD Negeri 2 Karangnongko Kabupaten Malang melalui kegiatan supervisi kolaboratif kepala sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...