Setelah dilaksanakan observasi di kelas IX-C SMP Negeri 4 Tulungagung pada mata pelajaran biologi tahun ajaran 2019/2020 diketahuii jika hasil belajar siswa kurang memuaskan dan sebagian besar siswa mendapatkan nilai dibawah KKM (70). Hal ini kemungkinan disebabkan karena banyak siswa yang belum memahami tentang materi tersebuh. Oleh karena itu perlu dilakukan penekanan materi lebih dalam dengan inovasi metode pembelajaran salah satunya yaitu dengan menerapkan metode discovery. Jenis riset yang digunakakan yakni peneltian tindakan kelas dengan menggunakan beberapa siklus. Setelah dilaksanakan penerapa metode discovery pada mata pelajaran biologi terdapat peningkatan prestasi hasil belajar siswa dari 63,6% menjadi 86,4%. Dari sini dapat ditarik kesimpulan jika penerapan metode discovery pada mata pelajaran biologi dengan materi kelangsungan hidup makhluk hidup dapat meningkatkan prestasi pelajar siswa kelas IX-C SMP Negeri 4 Tulungagung.
Copyrights © 2022