Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 2 (2022): Volume 2, Nomor 2, Mei 2022

Penerapan Metode Discovery dalam Upaya Meningkatkan Prestasi belajar Biologi tentang Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup pada Siswa Kelas IX-C SMP Negeri 4 Tulungagung Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

Widjaja, Akhmad Hilal (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Setelah dilaksanakan observasi di kelas IX-C SMP Negeri 4 Tulungagung pada mata pelajaran biologi tahun ajaran 2019/2020 diketahuii jika hasil belajar siswa kurang memuaskan dan sebagian besar siswa mendapatkan nilai dibawah KKM (70). Hal ini kemungkinan disebabkan karena banyak siswa yang belum memahami tentang materi tersebuh. Oleh karena itu perlu dilakukan penekanan materi lebih dalam dengan inovasi metode pembelajaran salah satunya yaitu dengan menerapkan metode discovery. Jenis riset yang digunakakan yakni peneltian tindakan kelas dengan menggunakan beberapa siklus. Setelah dilaksanakan penerapa metode discovery pada mata pelajaran biologi terdapat peningkatan prestasi hasil belajar siswa dari 63,6% menjadi 86,4%. Dari sini dapat ditarik kesimpulan jika penerapan metode discovery pada mata pelajaran biologi dengan materi kelangsungan hidup makhluk hidup dapat meningkatkan prestasi pelajar siswa kelas IX-C SMP Negeri 4 Tulungagung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...