Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 2 (2022): Volume 2, Nomor 2, Mei 2022

Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Orgainizing, Reflecting, Extending (CORE) Berbantuan dengan Metode Mind Mapping dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA yang Memuat Getaran dan Gelombang pada Siswa Kelas VIII-A Semester 2 SMP Negeri 1 Kauman Tul

Susanto, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitian ini didasari oleh hasil observasi yang dilaksanakan dengan subjek yakni siswa kelas VIII-A pada mata pelajaran IPA dengan tema getaran dan gelombang diketahu jika hasil prestasi belajar siswa – siswa belum memenuhi KKM. Oleh karena itu perlu upaya untuk meningkatkan hasil belajar salah satunya yaitu dengan pengembangan penerapan media pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Connecting, Orgainizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantuan dengan Metode Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK dengan menggunnakan 2 siklus. Pada siklus I mendapatkan hasil 62,9% dan pada siklus II sebanyak 85,7%. Kesimpulan dari penelitian ini yakni penerapan model pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Connecting, Orgainizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantuan dengan Metode Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi haisl belajar siswa kelas kelas VIII-A pada mata pelajaran IPA dengan tema getaran dan gelombang di SMP N 1 Kauman Tulungagung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...