Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 3 (2022): Volume 2, Nomor 3, Agustus 2022

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA tentang Sistem Peredaran Darah Manusia melalui Creative Problems Solving pada Siswa Kelas VIII-G Semester 1 SMP Negeri 1 Karangrejo TulungagungTahun Pelajaran 2018/2019

Yamah, Yamah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Hasil observasi yang telah dilakukan apda siswa kelas VIII-G Semester 1 SMP Negeri 1 Karangrejo TulungagungTahun Pelajaran 2018/2019 mata pelajaran IPA materi sistem peredaran darah manusia diketahui jika nilai siswa masih rendah. Siswa mengaku masih banyak mengalami kesulitan dalam mempelajari materi tersebut. Oleh karen aitu diperlukan pengembangan metode pembelajaran salah satuya dengan Creative Problems Solving. Metode penelitian yakni PTK dengan 2 siklus dan 4 tahapan. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan jika penerapan pembelajaran Creative Problems Solving dapat meningkatkan aktifitas belajar dan nilai hasil prestasi belajar siswa kelas VIII-G Semester 1 SMP Negeri 1 Karangrejo TulungagungTahun Pelajaran 2018/2019 mata pelajaran IPA materi sistem peredaran darah manusia. Siklus I mendapatkan nilai 65,6% dan mneingkat pada siklus II menjadi 90,6%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...