Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 3 (2022): Volume 2, Nomor 3, Agustus 2022

Peningkatkan Kemampuan Menulis Narative Text melalui Pendekatan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Kelas IX-B SMP N 1 Karangrejo Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

Retnowati, Retnowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan keaktifan siswa dan juga hasil prestasi belajar siswa yang bisa dilihat dari nilai ketuntasan siswa kelas IX-B SMP N 1 Karangrejo semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 dengan adanya pendekatan model pembelajaran contextual teaching and learning menulis narative text. Hal ini dilatarbelakangi dengan rendahnya nilai siswa pada materi tersebut dikelas. Oleh karen aitu diperlukan penerapan pendekatan model pembelajara. Salah satu model pembelajaran yang sudah banyak diterapkan yakni metode Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode yang digunakan dalam penelitian yakni penelitian tindakan menggunakan 2 siklus dan masng – masing siklus ada 4 tahapan. Hasil penelitia menunjukkan jika penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan keaktifan siswa dan juga nilai ketuntasan siswa kelas IX-B SMP N 1 Karangrejo semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 dalam belajar menulis narative text. Pada siklus I nilai ketuntasan siswa mencapai 73,3% dan pada siklus II nilai ketuntasan siswa meningkat menjadi 90,0%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...