Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 3 (2022): Volume 2, Nomor 3, Agustus 2022

Penerapan Metode Artikulasi untuk Meningkatan Keterampilan Menulis Descriptive Text pada Siswa X MIPA 2 Semester 2 SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022

Widyaningtyas, Endah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Penelitian telah dilaksanakan pada siswa kelas X MIPA 2 Semester 2 SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2021/2022 dengan mata pelajaran Bahasa Inggris dengan materi menulis descriptive text. Penelitian ini didasari karena nilai ketuntasan siswa masih rendah pada mata pelajaran Bahasa Inggris dengan materi menulis descriptive text. Salah satu solusi yang ditawarkan untuk meningkatkan nilai siswa yakni dengan penerapan metode artikulasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus dan beberapa tahapan pada setiap siklusnya. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan jika penerapan metode artikulasi dapat meningkatan keterampilan menulis descriptive text pada siswa X MIPA 2 Semester 2 SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022. Pada siklus I nilai ketuntasan siswa mencapai 68,4% dan pada siklus II mencapai 92,1%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...