Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 3 (2022): Volume 2, Nomor 3, Agustus 2022

Meningkatkan Ketuntasan Belajar Sejarah Materi Pokok Perang Vietnam Dan Perkembangan Politik Di Kawasan Asia Tenggara Siswa Kelas XII IPS UPT SMA Negeri Olahraga Melalui Teknik Kelompok Aktif

Mulyono, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan ketuntasan belajar sejarah materi pokok perang Vietnam dan perkembangan politik di kawasan Asia Tenggara Siswa kelas XII IPS UPT SMA Negeri Olahraga melalui teknik kelompok aktif. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan berberbagai putaran. Hasil penelitian menunjukkan jika aktivitas guru mulai dari putaran I, II, dan III mengalami peningkatan dengan memperoleh skor (2,1) untuk putaran I, (2,9) untuk putaran II dan (3,1) untuk putaran III. begitu juga pada aktivitas siswa dalam diskusi kelas teknik Kelompok Aktif mulai putaran I, II, dan III pada kategori mengambil giliran dan berbagi tugas serta mengerjakan LKS dan berdiskusi dalam kelompoknya mengalami penurunan. Selain itu, hasil belajar siswa hal ini dapat diketahui pada putaran I ketuntasan kelas memperoleh 42.8%, kemudian pada putaran II memperoleh 71.4% dan putaran ke III meningkat menjadi 95.2% .Untuk respon siswa dalam penerapan model pembelajaran diskusi kelas teknik Kelompok Aktif pada mata pelajaran sejarah juga memperoleh respon positif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...