Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 3 (2022): Volume 2, Nomor 3, Agustus 2022

Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika Materi Hukum Newton dan Penerapannya Siswa Kelas X B UPT SMA Negeri Olahraga melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share

Sutoyo, Sutoyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan ketuntasan belajar fisika materi hukum newton dan penerapannya siswa kelas X B UPT SMA Negeri Olahraga melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan jika pengelolaan pembelajaran oleh guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share menunjukkan peningkatan pada tiap Siklus. Keterampilan kooperatif siswa dalam kegiatan belajar mengajar menunjukkan bahwa seluruh siswa dapat melaksanakan keterampilan kooperatif dengan baik sehingga menumbuhkan kehidupan bersosial dalam kelas. Dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya hasil tes tiap Siklus. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang ada secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat membantu siswa memahami konsep besaran dan satuan, dan dapat meningkatkan ketuntasan belajar baik secara kognitif, afektif yaitu ditunjukkan dengan keterampilan kooperatif yang dilakukan oleh siswa, serta menumbuhkan sifat bersosial dan kolaboratif antar sesama siswa dan guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...