Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 3 (2022): Volume 2, Nomor 3, Agustus 2022

Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris melalui Penerapan Pembelajaran Media Scrabble Siswa Kelas X- B UPT SMA Negeri Olahraga

Soelistiono, Nanang (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa inggris melalui penerapan pembelajaran media scrabble siswa kelas X- B UPT SMA Negeri Olahraga. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan jika Aktivitas siswa selama pembelajaran siklus I dan siklus II meningkat secara betahap yang meliputi keaktifan, keberanian, kemandirian, dan keberhasilan. Respon siswa terhadap proses pembelajaran samangat baik. Hampir seluruh siswa menyatakan senang dengan media permainan scrabble, dan ada peningkatan terhadap penguasaan kosakata dibandingkan dengan sebelumnya. Pembelajaran yang dilakukan guru selama siklus I dan siklus II menunjukkan performance yang baik. Guru mulai menerapkan metode dan teknik pengajaran yang bervareasi, guru berusaha menstimulus keaktifan dan kekreatifan siswa, guru menyajikan pembelajaran bahasa Inggris secara integral, guru tidak hanya berkomunikasi pada tuntasnya suatu materi pelajaran saja tetapi lebih memperhatikan kemampuan penguasaan yang diperoleh siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...