Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 3 (2022): Volume 2, Nomor 3, Agustus 2022

Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Persamaan Dan Pertidaksamaan Kuadrat Dengan Pemberian Umpan Balik Soal-Soal Latihan Siswa Kelas X-A Upt Sma Negeri Olahraga

Mudjiwarti, Niniek (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Tujuan diadakannya penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut Untuk mengetahui penerapan pemberian umpan balik soal-soal latihan dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat siswa kelas X-A UPT SMA Negeri Olahraga. Metode dalam penelitian ini mengguanakan kualitatif dengan pendekatan Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-A dengan jumlah 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SMA Negeri Olahraga pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Waktu penelitian pada bulan September s.d Nopember 2019. Hasil siklus I mencapai 65,22. Nilai ini termasuk pada kategori nilai cukup karena berada pada rata-rata 60 – 69. Hasil yang dicapai pada siklus I meningkat menjadi 81.81 pada siklus II. Hasil ini termasuk pada kategori nilai baik karena berada pada rata-rata 70 – 85. Dengan hasil yang dicapai pada siklus I dan siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa pemberian umpan balik soal-soal latihan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat siswa kelas X-A di UPT SMA Negeri Olahraga.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...