Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 3 (2022): Volume 2, Nomor 3, Agustus 2022

Penerapan Metode Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika tentang Rumus Jumlah Dua Sudut dan Selisih Dua Sudut pada Trigonometri pada Siswa Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Pasirian Lumajang Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019

Fauzi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas XI MIPA 4 pada waktu pembelajaran Matematika diperoleh hasil bahwa Prestasi belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 32 siswa hanya 10 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 22 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Rumus Jumlah Dua Sudut dan Selisih Dua Sudut pada Trigonometri tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, metode maupun model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Rumus Jumlah Dua Sudut dan Selisih Dua Sudut pada Trigonometri serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI MIPA 4. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar), guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran Rumus Jumlah Dua Sudut dan Selisih Dua Sudut pada Trigonometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Metode Think Pair Share untuk meningkatkan Prestasi belajar siswa pada materi Rumus Jumlah Dua Sudut dan Selisih Dua Sudut pada Trigonometri siswa Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Pasirian Lumajang mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Prestasi belajar siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 59,4% dan pada siklus II 96,9%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...