Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 4 (2022): Volume 2, Nomor 4, November 2022

Penggunaan Metode Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Tema Makananku Sehat dan Bergizi Pada Siswa KelaS IV SDN Sumberkedawung V Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020

Ujiantini, Lilis (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumberkedawung V. Mata pelajaran yang dituju adalah tematik dengan materinya berupa tema makananku sehat dan bergizi. Metode yang digunakan adalah metode Snowball Throwing. Penyebab penelitian ini dilakukan karena melihat nilai ketuntasan siswa yang masih dibawah KKM. Dengan menggunakan metode Snowball Throwing diharapkan nilai siswa dapat meningkat. Hasil penelitian menunjukkan jika penerapan metode Snowball Throwing dapat membuat nilai siswa menjadi naik. Pada siklus I siswa yang tuntas sebesar 70% dengan nilai rata – rata sebanyak 72,25. Pada penilaian rubrik pembuatan buklet susu skor 3 dengan kriteria baik dan presentasinya diketahui skor nilai 4 dengan kriteria baik. Pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa atau 100% tuntas belajar dengan nilai rata-rata 82,8. Penilaian rubik membuat bros semua siswa kelas IV tuntas mendapatkan nilai 4 (Sangat Baik) total skor 80. Nilai akhir hasil belajar siswa siklus I dan siklus II dengan metode Snowball Throwing meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...