Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 4 (2022): Volume 2, Nomor 4, November 2022

Penerapan Metode Quantum Learning untuk Meningkatan Keterampilan Menulis Short Functional Text pada Siswa Kelas XI RPL 2 Semester 2 SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019

Manfaati, Dwi Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Keteramplan menulis short functional text sangat penting untuk dimiliki siswa SMK. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis jenis text yang satu ini. Upaya yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa yakni dengan menggunakan metode Quantum Learning. Metode ini sudah banyak diterapkan dan hasilnya cukup efektif. Dengan diterapkannya metode Quantum Learning diharapkan keterampilan menulis short functional text dapat meningkat. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas dapat diketahui hasilnya jika penerapan metode Quantum Learning ini mampu untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XI RPL 2 Semester 2 SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019. Setelah diterapkan metode ini nilai ketuntasan siswa dalam menulis short functional text siklus I sebanyak 63,3% dan pada siklus II sebanyak 93,3%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...