Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 4 (2022): Volume 2, Nomor 4, November 2022

Pemanfaatan Metode Buzz Group dalam Upaya Peningkatan Prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang Memuat Upaya Perlindungan HAM pada Siswa Kelas VII-D Semester 1 SMP Negeri 5 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020

Sulistyorini, Sulistyorini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Nilai siswa yang masih rendah pasti menjadi evaluasi oleh guru dalam pelaksanana kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan baik didalam kelas atauoun diluar kelas.pembelajaran pelajaran kewarganegaraan pada Siswa Kelas VII-D Semester 1 SMP Negeri 5 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020 masih belum dapat dipahami oleh siswa dengan optimal. Materi yang siswa merasa masih banyak yang belum paham terkait dengan Upaya Perlindungan HAM. Pemanfaatan metode buzz gorup menjadi salah satu alternatif yang diharapkan dapat meningkatkan nilai keaktifan siswa dna juga nilai ketuntasan siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil tindakan dengan 2 siklus pemanfaatan metode buzz group diketahui jika pemanfaatan metode ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dna juga nilai ketuntasannya. Siklus I menunjukkan jika nilai ketuntasan siswa mencapai 63,9% dan pada siklus II juga mengalami kenaikan menjadi 91,7%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...