Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 4 (2022): Volume 2, Nomor 4, November 2022

Penerapan Metode Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA yang Memuat Tekanan Zat dan Penerapannya Pada Siswa Kelas VIII-A Semester 2 SMP Negeri 3 Ngunut Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022

Endang, Sugiarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Nilai menjadi salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan siswa dalam menilai hasil belajar di sekolah. Namun banyak sekali kendala yang dihadapi siswa sehingga nilai siswa banyak yang rendah. Begitu pula yang terjadi pada siswa Kelas VIII-A Semester 2 SMP Negeri 3 Ngunut Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022 yakni nilai ketuntasan siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi tekanan zat dan penerapannya nilainya masih rendah. Guru memberikan alternatif dengan menerapkan metode Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK). Dengan penerapan metode ini diharapkan mampu meningkatkan nilainya siswa. Berdasarkan hasil penelitian setelah diterapkan metode VAK pada IPA yang memuat tekanan zat dan penerapannya dapat meningkat keaktifan siswa dan juga nilai ketuntasan siswa. Siswa mendapatkan nilai ketuntasan 66,7% pada siklus I dan mengalami trend kenaikan pada siklus II menjadi 87,9%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...