Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 4 (2022): Volume 2, Nomor 4, November 2022

Penerapan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Widyawati, Anik (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan data dari hasil penelitian ini, dapat membuktikan bahwa metode pembeajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok adaptasi makhluk hidup pada siswa kelas V-B SDN Sambirejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri semester I tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar IPA mulai siklus pertama sampai siklus yang terakhir yaitu Pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 15 anak (60 %) . Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 19 anak (76 %). Pada siklus III ketuntasan belajar siswa meningkat sebanyak 22 anak (88 %). Disamping itu, penerapan metode pembelajaran inkuiri dengan baik dan lancar dapat meningkatkan aktivitas dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran merupakan kunci utama dalam peningkatan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...