Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 4 (2022): Volume 2, Nomor 4, November 2022

Asesmen Kebutuhan Pengembangan Profesionalisme Guru SD Negeri Wates Tulungagung

Sopingi, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: Mendeskripsikan kebutuhan pengembangan profesionalisme guru SDN Wates Tulungagung. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Guru profesional mempunyai posisi strategis dalam peningkatan mutu pendidikan. Sehingga profesionalitas guru perlu ditingkatkan secara berkelanjutan, terutama dalam hal membelajarkan siswanya. Lokasi penelitian di SDN Wates Tulungagung dengan menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif dan rancangan studi kasus. Instrumen kunci pada penelitian ini adalah guru, siswa dan orangtua siswa. Teknik analisis penelitian menggunakan triangulasi, expert judgement dan member check.Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan karakteristik kompetensi guru, kebutuhan primer pengembangan profesionalisme guru adalah diklat tentang konsep dasar dan penerapan kurikulum merdeka, ICT, dan cara melaksanakan PTK. Kemudian kebutuhan sekundernya adalah workshop strategi peningkatan kinerja dan ketrampilan guru adalam berkomunikasi dan kerjasama dengan stakeholders.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...