Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 4 (2022): Volume 2, Nomor 4, November 2022

Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mengelola Proses Pembelajaran melalui Penerapan Supervisi Klinis

Rusmini, Rusmini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan supervise klinis (2) Mendeskripsikan peningkatkan kompetensi guru dalam mengelola proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTS). Berdasarkan analisis hasil penelitian dan diskusi dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pembinaan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu guru dalam proses pembelajaran melalui supervisi klinis menunjukan peningkatan pada tiap-tiap putaran (Siklus ). (2) Aktivitas dalam kegiatan pembinaan menunjukan bahwa guru dapat meningkatkan kompetensi dalam mengelola proses pembelajaran dengan baik dalam aspek membuat rencana pelaksanaan pembelajaran serta melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan RPP.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...