Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 3 No 1 (2023): Volome 3, Nomor 1, Februari (2023)

Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sifat-Sifat Bunyi melalui Metode Demonstrasi

Suwantin, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan yang objektif tentang peningkatan hasil belajar IPA materi Sifat-sifat bunyi melalui metode demonstrasi 2) Mendekripsikan Pelaksanaan metode demonstrasi. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 12 siswa. Hasil penelitian ini yaitu penerapan metode Demonstrasi dapat mengubah kegiatan pembelajaran yang bersifat teacher centered menjadi student centered. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalaam 2 siklusini seperti berikut ini. 1) Nilai rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 70.00, sedangkan pada siklus II sebesar 82.50. Hal ini berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 12.50. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I yaitu 66.67%, sedangkan persentase ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 91.67%, Hal ini berarti terjadi kenaikan persentasi ketuntasan belajar sebesar 25.00%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat bunyi pada siswa kelas IV semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 di SD Negeri Payungrejo Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto. Selanjutnya disarankan agar guru menggunakan metode yang sesuai dengan karakteristik materi pelajaran sehingga terwujud pembelajaran siswa aktif, kreatif dan menyenangkan untuk meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...